Selasa, 25 Februari 2014

filsuf

Dalam rangka untuk menghitung dan memasuki dunia engineering economic analysis, hukum kali ini harus dibuat sangat jelas. Namun, ohn Dewey seorang filsuf Amerika mengatakan “Suatu masalah yang didefinisikan secara benar adalah masalah yang sebagian telah terselesaikan”. Itu berarti hanya masalah yang telah dikenali dengan benarlah yang berpotensi untuk diselesaikan, tanpa mengenali masalah dengan benar kita akan tersesat sehingga solusi yang tepat tidak akan pernah tercapai. Masalah dapat dikenali oleh berbagai pihak terkait, bisa oleh pemilik masalah sebagai pengambil keputusan, pemecah masalah seperti insinyur atau manajer, atau oleh para operator yang langsung berhubungan dengan hal-hal teknis.'. Hubungan ini mengingatkan aku pada konsep eksternalitas mana aktan dominan mencoba untuk mengecualikan faktor-faktor tertentu seperti lingkungan yang menyebabkan dampak negatif . Eksternalitas juga bisa mengakibatkan dampak positif muncul dalam kasus paten di mana pesaingnya dapat mengikuti perkembangan melalui laporan .

Dalam kasus di atas  mengarah pada kekuasaan. Aktan yang kita kenal tahu lebih banyak memiliki kesempatan lebih besar untuk memanipulasi lainnya. Pertanyaannya adalah bukan tentang memperhitungkan orang lain serta beberapa masalah yang harus segera diselesaikan, bukan pula dari kesediaan untuk memberikan proporsi yang tepat kepada orang lain.

Oh well , saya mencoba untuk membuka mata dengan sedikit menuliskan apa yang baru saja aku baca , tapi saya kira saya membaca hal-hal berantakan. Aku bosan terlalu mudah menyebabkan satu buku dicampur dengan kertas lain. tapi saya kira pilihan saya untuk menjadi seorang engineering memaksaku untuk lebih memahami filsuf. heheh